Minggu, 01 Juni 2014

Instalasi CMS Balitbang 3.5.2 di Lokal Server Menggunakan XAMPP

Ilat Jawa :
"Titi lan temen kuwi witing tinemu, nanging tinemu kuwi banget angele, karanane apepikul nalar lan tanduk, akadi tanggap lan tanggon.
Mulat mulet mangertio, ing pakarti utama, ngadohno kabeh pakarti kang cidro, yoben ora kanyut-kenyut, andhadekake rubeda."
Teliti dan disiplin itu sumber pengetahuan, namun pengetahuan itu sulit sekali, karena tergantung niat dan perbuatan, menjadi manusia yang waspada dan teguh.
Segala tindak tanduk selalu ingatlah, untuk selalu berbuat baik, menjauhkan semua niat dan pikiran jelek, agar tidak hanyut dan tenggelam, pada masalah dan kesulitan.

Marilah sekarang kita memasang CMS Balitbang Versi 3.5.2 pada lokal server. Menurut aku, dari fasilitas yang ada, ini adalah LCMS. Fitur-fiturnya sangat lengkap. Syarat-syarat yang terdapat pada Learning Conten Management System (LCMS) semuanya ada. Dapat membuat grup, dapat memberikan materi ajar, dapat memberikan penilaian, dapat pula untuk membuat soal online. Bahkan ada fasilitas mirip facebook di dalamnya.

Lokal server yang aku pergunakan dalam cerita ini adalah XAMPP versi 1.8.3, Anda dapat melihat lebih lengkap tentang lokal server disini. XAMPP dapat Anda download di sini, bila XAMPP belum terinstall, Anda dapat melihat ceritaku tentang instalasi XAMPP disini. Tentu saja selain XAMPP, Anda sudah download terlebih dahulu file CMS Balitbang tersebut disini, dan database-nya di sini. Browser yang aku pergunakan adalah Firefox pada Windows 7 x86.

CMS Balitbang adalah dari Salah satu kebijakan strategis Kementerian Pendidikan Nasional yang dituangkan dalam Renstra Depdiknas 2005-2009 adalah pemanfaatan secara optimal berbagai sarana seperti radio, televisi, komputer dan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) lainnya untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Lalu Balitbang Kemdiknas sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam melakukan pengembangan dan inovasi di bidang pendidikan. Salah satu kegiatan yang dilakukan Balitbang Kemdiknas adalah  Pembuatan Model Website Sekolah sejak Tahun 2009.

Pada cerita in, sekolah yang akan disimulasikan bernama SMK-Percontohan. Langkah-langkah untuk instalasi CMS Balitbang 3.5.2 adalah :
1.  Extract file “download352.zip” di X:\Xampp\htdocs sehingga terbentuk folder baru bernama “cmsbalitbangv35” Pada cerita ini folder tersebut aku ubah dengan nama “smk1”. Extract pula file “database.zip” dan tempatkan juga di X:\Xampp\htdocs sehingga terbentuk file “database.sql”. Penampakannya seperti di bawah ini
2.      Pastikan XAMPP telah aktif seperti pada penampakan berikut :

3.     Jalankan firefox, pada baris perintah ketikkan "localhost" sampai muncul penampakan seperti di bawah ini. Kemudian klik [PHPMyAdmin]
 

4.    Setelah muncul penampakan seperti di bawah ini, klik [Database]

5.       Setelah muncul penampakan seperti di bawah ini, tulislah nama database yang akan di buat, dalam cerita ini adalah "smk1" akhiri dengan klik [Create]
6.  Pada penampakan di atas, bila berhasil di sisi kiri akan bertambah dengan nama "smk1", klik di situ, kemudian klik [Import] seperti pada penampakan di bawah ini.
7.     Setelah muncul penampakan seperti di bawah ini, klik [Browse] kemudian pilih file format .SQL yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Sebenarnya PHPMyAdmin menerima format .ZIP, namun karena banyak versi .ZIP, lebih baik dibuat file yang aslinya - .SQL, sampai muncul nama file seperti disamping [Browse] tersebut. Setelah itu klik [Go]
8.    Bila muncul penampakan seperti di bawah ini, berarti proses telah berhasil. Untuk proses Database sementara sudah selesai.

9.  Kembali ke firefox. Ketik "localhost\smk1" sampai muncul penampakan seperti gambar di bawah ini. Pahamilah peraturan dalam penggunaan CMS Balitbang ini : CMS Balitbang dapat digunakan gratis oleh siapapun (Terimakasih Team Balitbang), Boleh mengubah script asal memberitahu Team Balitbang, dan yang paling penting, Dilarang memperjualbelikan CMS ini kecuali biaya Hosting, domain, instalasi, atau jasa lainnya.
10.   Ada 5 pilihan, SD, SMP, SMA, SMK, dan umum. Dalam cerita ini adalah SMK
11.  Mumpung gratis, pilih aja semua fitur yang tersedia. Hehehe... Klik [Lanjut]
12.   Isilah isian yang tersedia, sebagai berikut :
       DATABASE
       Database Hostname : "localhost" (Jangan di ubah)
       Database Name : "smk1" (Database yang tadi di buat, lihat no. 5)
       Database User : "root" (Jangan di ubah)
       Database Password : "" (Kosong)
       PROFIL :
       Domain Website : "smk1.sch.id" (Sementara di tulis ini - untuk aksi-aksi)
       Email Website : "wisnusuharnoko@gmail.com" (dapat diganti dengan email aktif yang lain)
       Nama Website : SMKN1 Percontohan (dapat diganti)
       Alamat : Jl. Soekarno - Hatta No. 1 Surabaya (dapat di ganti)
       Jumlah SPP : "" (Kosongi bila tidak ada SPP)
       Jumlah DSP : "" (Kosongi bila tidak ada Dana Sumbangan Pembangunan)
       ADMIN
       UserName : "admin" (boleh diganti dengan yang lain)
       Password :    "Bismillah" (Boleh diganti dengan yang lain)
13.  Selesailah sudah. Penampakan seperti di bawah ini
 
14.  Di bawah ini adalah penampakan bila memilih [admin]. Selanjutnya, bila akan mengaktifkan admin dapat melalui alamat "localhost\smk1\admin"
15. Di bawah ini adalah penampakan bila memilih [Lihat Web].

16.  Di bawah ini penampakan dari percobaanku untuk "facebook" ala SMKN1 Percontohan


Demikian tulisanku tentang 'Instalasi CMS Balitbang 3.5.2 menggunakan XAMPP', terimakasih telah berkunjung ke gubuk yang sederhana ini dan meluangkan waktu untuk membaca cerita di sini, tulisan ini bukan karya 'copy-paste', bila tulisan ini 'copy-paste' aku akan menampilkan sumbernya dan bila mungkin linknya. Meskipun begitu, silahkan Anda menyalin sebagian atau seluruhnya tulisan ini. Dengan atau tanpa menyertakan link blog ini. Senang sekali aku bila tulisan ini Anda anggap bagus, lebih-lebih dapat bermanfaat bagi Anda.
Tidak ada tunas yang ingin tumbuh kesamping atau ke bawah, semuanya ingin menjulang tinggi menggapai cakrawala - bercengkerama dengan langit. Namun ingat, tunas yang tinggipun masih butuh pupuk yang kotor, batang yang kaku-kasar dan rimbunan daun-batang.
Begitupun pengetahuan, tidak ada seorangpun yang ingin pengetahuannya berhenti atau bahkan mundur, setiap orang ingin senantiasa meningkatkan pengetahuannya, merasakan kepuasan dengan keberhasilan-keberhasilan. Namun ingat, sepandai apapun manusia, masih membutuhkan orang lain, saling isi-mengisi.
Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan, silahkan menulis kesan, kritik, atau apapun. Selagi dalam batas kemampuanku, akan aku tanggapi.

Salam...
g+ : wisnusuharnoko@gmail.com
fb : w1155nu@yahoo.co.id

Cerita ini berkelanjutan dan aku bagi beberapa seri, yaitu :
SERI CMS BALITBANG
1.   Local Server, Apakah itu? 
2.   Instalasi AppServ Menggunakan Windows 7 dan 8 
3.   Instalasi WampServ Menggunakan Windows 7 dan 8 
4.   Instalasi XAMPP Menggunakan Windows 7 dan 8 
5.   Daftar CMS, LMS, LCMS Terlengkap dan Terbaru 
6.   Instalasi CMS Balitbang 3.5.2 di lokal server menggunakan XAMPP (tulisan ini) 
7.   Membuat Website menggunakan CMS Balitbang 3.5.2 Full Gratis
8.   Menghilangkan tanda "html" pada CMS Balitbang
9.   Memindah CMS Balitbang dari Lokal Server XAMPP ke Server Online
10. Cara Daftar Domain "sch.id" ke PANDI lewat situs yang ditunjuk
11. Cara Memilih Hosting berbayar yang bagus.
12. Cara Parkir Domain "sch.id" pada Hosting Gratisan "idhostinger"
13. FileZilla, Apakah itu?
14. Backup dan restore Website lewat cPanel15. Backup dan restore Website dengan FileZilla
16. Migrasi dari Hosting Gratisan "idhostinger" ke Hosting Berbayar
17. Pergunakan Email Anda yang unlimited account dan unlimited quota itu!
18. Memanfaatkan quota unlimited Hosting sebagai cloud drive

7 komentar:

  1. numpang sedot gan, sangat membantu sekali...

    BalasHapus
  2. mohon pencerahan gan,saya baru nih gimana cara mengatasi apabila sql sdh terbaca namun ketika masuk database kosong, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika databasenya kosong, tinggal di import lagi om, menggunakan langkah 7.

      Hapus
  3. ko link database nya rusak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih infonya,
      ternyata tempat situs aslinya cmsbalitbang yaitu litbang\kemdikbud.go.id sudah tidak ada...

      ini om aku berikan link baru :
      1. CMS Balitbang 352
      download : https://userscloud.com/tx15pm7ja4oc/cmsbalitbang352.zip
      2. Database CMS Balitbang 352
      download : https://userscloud.com/s75mmkd4fybu/cmsbalitbangdatabase.zip
      3. xampp 1.8.3 yang aku buat contoh disini
      download : https://userscloud.com/1wd54mfh7xni/xampp-win32-1.8.3-4-VC11-installer.zip
      4. xampp 5.6.3 (saat aku tulis yang paling baru)
      Memuat : Apache 2.4.10, MySQL 5.6.21, PHP 5.6.3, phpMyAdmin 4.2.11, OpenSSL 1.0.1, XAMPP Control Panel 3.2.1, Webalizer 2.23-04, Mercury Mail Transport System 4.63, FileZilla FTP Server 0.9.41, Tomcat 7.0.56 (with mod_proxy_ajp as connector), Strawberry Perl 7.0.56 Portable
      download : https://userscloud.com/24ele3rgq1oo/xampp-win32-5.6.3-0-VC11-installer.exefrom_af=true

      Hapus