Jumat, 20 Februari 2015

Membuat Fungsi "Terbilang" dengan MS Excel

Ilat Jawa :
"Gampang janma sembayang, ora angel wong ngaji, pakewuhe wong agesang, angadu sukma lan jisim, alang urup urip. 
Okeh wong mung bisa celathu, sajatine tan wikan, lir wong kang dagang madu gendhis, iya kuwi wong kandheg ing ahli sarengat" (Suluk Sujinah)
Mudah manusia menunaikan Sholat, tidak sulit orang belajar mengaji, yang sulit itu manusia hidup, selalu didera cobaan lahir dan batin, silih berganti selama hidup.
Banyak orang hanya bisa mencemooh, sebenarnya tidak mengerti, ibarat orang iklan madu dan gula, itulah orang yang hanya terhenti di syariat.

Banyak cara untuk membuat fungsi "Terbilang" menggunakan VBA MS-Excel, semuanya benar asal hasilnya benar pula. 
Nah, berikut ini aku juga akan menampilkan program "Terbilang" tersebut. Karena fungsi ini sama seperti yang terdapat dalam Add-In Tanggalan.xlam lalu, maka agar tidak dobel, aku ganti namanya menjadi "Omong".

Oke, pada workbook baru, tekan tombol [Alt]+[F11] kemudian dari menubar klik [Insert]-[Module], kemudian Anda salin baris-baris perintah di bawah ini, bila Anda malas menyalin, Anda dapat copy-paste.



Fungsi ini dapat menterjemahkan sampai dengan 21 digit angka bilangan bulat.

Demikian tulisanku tentang "Membuat Fungsi "Terbilang" dengan MS Excel".Terimakasih telah berkunjung ke gubuk yang sederhana ini dan meluangkan waktu untuk membaca cerita di sini. Tulisan ini bukan hasil 'copy-paste', bila hasil 'copy-paste' aku akan menampilkan sumber dan bila mungkin link-nya. Meskipun demikian, silahkan Anda menyalin sebagian atau seluruhnya tulisan ini, dengan atau tanpa menyertakan link blog ini. Senang sekali bila tulisan ini Anda anggap bagus, lebih-lebih dapat beranfaat bagi Anda. 
Tidak ada tunas yang ingin tumbuh kesamping atau ke bawah, semuanya ingin menjulang tinggi menggapai cakrawala - bercengkerama dengan langit. Namun ingat, tunas yang tinggipun masih butuh pupuk yang kotor, batang yang kaku-kasar, dan rimbunan daun-batang. 
Begitupun pengetahuan, tidak ada seorangpun yang ingin pengetahuannya berhenti atau bahkan mundur, setiap orang ingin senantiasa meningkatkan kemampuannya, merasakan kepuasan dengan keberhasilan-keberhasilan. Namun ingat, sepandai apapun manusia, masih membutuhkan orang lain, saling isi-mengisi.
Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan, silahkan menulis kesan, kritik, atau apapun. Selagi dalam batas kemampuanku, akan aku tanggapi.

Salam,... 
Wisnu Suharnoko 
g+ : wisnusuharnoko@gmail.com 
fb : w1155nu@yahoo.co.id
HP: 0852 3181 2848 (AS) / 0856 4909 2848 (IM3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar