Kamis, 22 Mei 2014

Instalasi AppServ menggunakan Windows 7 & Windows 8

Ilat Jawa :
"Urip bebrayan kuwi sawang sinawang, siji lan sijine sarwa ngrasa luwih prakosa utawa sak walike. Apa sira wis pada lali, kaki. Papan nggawa empan"
Para pembuat software itu saling melirik satu dengan lainnya, merasa lebih handal atau sebaliknya. Jadi ingatlah, tidak semua software yang terbaru itu tepat untuk di-install di komputer Anda. Tergantung hardware, sistem operasi, dan kebiasaan operator masing-masing

Selamat siang, beberapa hari ini ada request yang mengejutkan, "Pak Wisnu, cerita yang entheng-entheng dong, tentang motivasi atau falsafah hidup. Kalau komputer aku pusing". 

Begini anakku, Blog ini terutama untukku sendiri, pengingat bila lupa, penghibur bila sedih, membagi kegembiraan, dan lainnya. Apa saja yang teringat akan aku tuliskan. Gembira sekali bila ada yang menilai tulisanku ini bagus, lebih-lebih dapat bermanfaat bagi seseorag itu. Sejak awal aku berusaha untuk membuat nyaman pembacanya. Aku usahakan link-link dari sini tidak dialihkan. Aku buat sesederhana mungkin tampilannya agar mudah diakses dari hape. Memang sudah ada dalam konsepku beberapa tulisan selain komputer. Namun bagiku, cerita tentang motivasi dan falsafah hidup itu yang berat!, berat sekali konsekuensinya. Cerita tentang komputerlah yang entheng. Aku dapat mempraktikkannya dulu, tanpa takut keliru, trus hasilnya instant. Namun semoga nanti dapat aku sisipkan cerita yang 'berat-berat' tersebut.

Baiklah, kembali ke TKP. Cerita ini adalah kelanjutan dari ceritaku disini. Aku berharap Anda telah download filenya. Pada cerita ini yang aku pergunakan adalah AppServ versi 2.5.10, menggunakan Sistem Operasi Windows 7 Ultimate x86, broser yang aku pergunakan adalah firefox, sedangkan untuk menulis program PHP aku menggunakan Notepad++.


Awal dari AppServ.
AppServ tidak di dukung oleh Pemerintahan Thailand ataupun perusahaan negara tetapi program ini terinspirasi oleh Phanupong Panyadee (Yayasan AppServ). Konsep dari AppServ adalah Cara mudah untuk install Apache, PHP, MySQL dalam 1 menit. Kebanyakan orang di dunia ini mempunyai masalah ketika meng-install Apache, PHP, MySQL karena butuh waktu yang cukup lama untuk menyeting dan kadang kala dapat menyebabkan pusing. Distribusi pertama kali di sediakan pada tanggal 9 Oktober 2001. Banyak orang menggunakan AppServ dan berkembang dimana saja di dunia ini. Saat ini website AppServ tersedia dalam bahasa Thailand dan Inggris. Kedepannya AppServ akan menyediakan bahasa-bahasa dunia lainnya.
 
AppServ adalah.
AppServ adalah fitur penuh dari Apache, MySQL, PHP, phpMyAdmin. Anda dapat meng-install dalam 1 menit.
Isi dari AppServ
- Apache
- PHP
- MySQL
- phpMyAdmin
 

Semua isi di download dari Official Binary Release. Tujuan dari AppServ adalah untuk mempermudah pengisntallan. Kami tidak menyediakan hal lainnya selain dari Official Binary Release package. Karena kami merasa bahwa Official Binary Release bekerja lebih baik daripada program individu atau third-party binary.
AppServ mempunyai konfigurasi khusus saat install, Apache mengkonfigurasi httpd.conf, konfigurasi MySQL my.ini, konfigurasi PHP php.ini. AppServ memberi garansi bahwa semua isi AppServ dapat bejalan stabil seperti Official Apache, PHP, MySQL Release.
 

Sasaran dari AppServ adalah Mudah Meng-install. Anda dapat membuat web server, database server dalam 1 menit. Untuk pertanyaan AppServ dapat menjadi Produksi nyata Web Server atau Database Server. Kami dapat mengatakan Ya!! 100% dapat membuat AppServ menyediakan Produksi Server. Tapi sistem operasi Windows tidak cukup bagus untuk trafik tinggi pada web atau database server. Sistem operasi Windows OS memerlukan memory dan penggunaan CPU yang lebih banyak, kami menyarankan menggunakan sistem operasi Linux/Unix untuk servis yang membutuhkan trafik tinggi, karena sistem operasi Linux/Unix memiliki kecepatan yang lebih dan memerlukan sedikit memory dan penggunaan CPU. Jika anda membandingkan sistem operasi Windows dan sistem operasi Linux/Unix anda dapat menemukan perbedaan yang besar, seperti, Windows dapat melayani 1000 user per detik tetapi Linux/Unix dapat melayani 1000 user per detik dan hanya menggunakan memory dan penggunaan cpu yang kecil.

Seberapa beda versi dari AppServ.
AppServ Version
2.4.x adalah versi Superb stable untuk semua pengguna, tetapi versi ini menggunakan PHP 4.x karena berjalan baik dengan code PHP yang lama.
2.5.x adalah fungsi Rock. Versi ini menyediakan Apache, PHP, MySQL versi terbaru yang masih bersifat eksperimen.

Anjuran untuk AppServ
Kami menganjurkan untuk semua pengguna AppServ. Anda tidak harus melakukan upgrade untuk setiap versi baru yang dikeluarkan. Anda harus memilih salah satu atau beberapa versi saja yang anda rasa dapat bekerja stabil. Versi baru belum berarti bagus.

AppServ Installation Step by Step.
1. Klik dua kali appserv-win32-2.5.10.exe untuk install AppServ di komputer anda.

                                                       Gambar 1 AppServ Welcome Screen

2. License Agreement : AppServ berada dibawah lisensi GNU/GPL. Anda harus membaca persetujuan ini sebelum install. Klik [I Agree] bila Anda setuju untuk melanjutkan


                                           Figure 2 GNU/GPL License Agreement screen.

3. Pilih lokasi tempat install AppServ. Secara baku lokasinya adalah C:\AppServ. Klik [Browse] untuk mengubah lokasi instalasi dan klik [Next] untuk melanjutkan ke langkah berikutnya           

                                                  Figure 3 Choose Install location screen.

4. Pilih komponen yang akan di install. Secara baku AppServ akan memilih seluruhnya. Setelah memilih, klik [Next] untuk melanjutkan


                                            Figure 4 Choose Package Components screen.

5. Jendela Konfigurasi.
Server Name : Jika lokal server, isi dengan 'localhost' bila online, isi dengan alamat hosting Anda                  Admin Email : Isi dengan email Anda, misalnya 'wisnusuharnoko@gmail.com'
HTTP Port : Biarkan secara baku saja, yaitu 80.

Klik [Next] untuk melanjutkan

Figure 5 Apache Web Server configure screen

6. Konfigurasi MySQL :

Secara baku, nama database disini adalah : root
Masukkan password dan ulangi tepat seperti yang pertama, jangan copy-paste.  Aktifkan pada kedua centang untuk old paswword dan InnoDB
Klik [Install] untuk melanjutkan


                                             Figure 6 MySQL Database configure screen.
         
7. Tunggu proses instalasi berjalan, tampilan seperti berikut :


Selesailah sudah proses instalasi AppServ 2.5.10. Klik [Finish] untuk menyelesaikannya
                                               Figure 7 Complete AppServ Setup screen.

Program PHP-ku Yang Pertama.
Anda harus memastikan bahwa Server AppServ sudah secara lokal terpasang pada komputer Anda dengan cara pada browser Anda ketik alamat : localhost (atau 127.0.0.1 bila ingin sulit, keduanya mempunyai akibat yang sama), sampai muncul penampakan seperti berikut.

Bila ada penampakan-penampakan lain, kemungkinan proses instalasi Anda telah gagal, lakkukan Un-Install dengan double klik pada file 'Uninstall-AppServ2.5.10.exe' yang berada pada folder X:\AppServ. Restart komputer kemudian ulangi lagi langkahnya step by step no 1 sampai no 7 sampai muncul penampakan seperti di atas. Bila tetap tidak dapat dilakukan, mohon Anda sharing disini, bersama-sama kita pelajari permasalahannya di mana.

Setelah muncul tampilan seperti pada penampakan di atas, minimize dulu firefox Anda, masuk ke folder X:\AppServ\www seperti pada penampakan :


Kemudian jalankan program penulis text, dalam cerita ini aku menggunakan notepad++, bila Anda ingin mendownloadnya Anda dapat mendapatkannya di sini : http://notepad-plus-plus.org/download Sebenarnya menulis script PHP ini dapat pula dengan menggunakan program bawaan windows - notepad, namun bila tampilan ekstensi tidak di aktifkan dan ini adalah aturan baku dari windows, maka secara otomatis file bentukannya mempunyai ekstensi '.txt', jadi bila ingin menulis program PHP, tetap format text file berbentuk 'namafile.php.txt' nah, agar tidak ribet dan bila ingin sama tampilannya dengan cerita disini, silahkan Anda pergunakan Notepad++.

Oke, buatlah file baru dengan nama 'belajar.php', kemudian ketiklah baris-baris berikut apa adanya :
<html>
   <head><title>Contoh PHP</title></head>
   <body>
      <?php
         echo "Hallo teman, mudah khan memasang Lokal Server?";
      ?>
   </body>
</html>

Penampakan pada Notepad++ seperti berikut :



Setelah file tersimpan pada folder X:\AppServ\www, pada firefox jalankan script tersebut dengan mengetikkan 'localhost\belajar', bila benar, penampakannya seperti berikut:

Demikian tulisanku tentang 'Lokal Server AppServ', terimakasih telah berkunjung ke gubuk yang sederhana ini dan meluangkan waktu untuk membaca cerita disini, pada awal-awal penulisan, aku mengambil naskah aslinya di http://www.appservnetwork.com/index.php?newlang=indonesian, aku hanya tinggal menyesuaikan ini dan itu, menambah aroma terasi eh terapi agar wangi. sayang tidak semuanya berbahasa Indonesia, terpaksa deh aku menterjemahkan sendiri. Kelanjutannya aku lanjutkan sendiri dengan pemahamanku. Meskipun begitu, bila Anda memerlukan, silahkan Anda menyalin sebagian atau seluruhnya tulisan ini. Dengan atau tanpa menyertakan link blog ini. Senang sekali aku bila tulisan ini Anda anggap bagus, lebih-lebih dapat bermanfaat bagi Anda.
Tidak ada tunas yang ingin tumbuh kesamping atau ke bawah, semuanya ingin menjulang tinggi menggapai cakrawala - bercengkerama dengan langit. Namun ingat, tunas yang tinggipun masih butuh pupuk yang kotor, batang yang kaku-kasar dan rimbunan daun-batang.
Begitupun pengetahuan, tidak ada seorangpun yang ingin pengetahuannya berhenti atau bahkan mundur, setiap orang ingin senantiasa meningkatkan pengetahuannya, merasakan kepuasan dengan keberhasilan-keberhasilan. Namun ingat, sepandai apapun manusia, masih membutuhkan orang lain, saling isi-mengisi.
Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan, silahkan menulis kesan, kritik, atau apapun. Selagi dalam batas kemampuanku, akan aku tanggapi.

Salam...
g+ : wisnusuharnoko@gmail.com
fb : w1155nu@yahoo.co.id

Cerita ini berkelanjutan dan aku bagi beberapa seri, yaitu :
SERI CMS BALITBANG
1.   Local Server, Apakah itu? 
2.   Instalasi AppServ Menggunakan Windows 7 dan 8 (tulisan ini)
3.   Instalasi WampServ Menggunakan Windows 7 dan 8
4.   Instalasi XAMPP Menggunakan Windows 7 dan 8
5.   Daftar CMS, LMS, LCMS Terlengkap dan Terbaru
6.   Instalasi CMS Balitbang 3.5.2 di lokal server menggunakan XAMPP
7.   Membuat Website menggunakan CMS Balitbang 3.5.2 Full Gratis
8.   Menghilangkan tanda "html" pada CMS Balitbang
9.   Memindah CMS Balitbang dari Lokal Server XAMPP ke Server Online
10. Cara Daftar Domain "sch.id" ke PANDI lewat situs yang ditunjuk
11. Cara Memilih Hosting berbayar yang bagus.
12. Cara Parkir Domain "sch.id" pada Hosting Gratisan "idhostinger"
13. FileZilla, Apakah itu?
14. Backup dan restore Website lewat cPanel15. Backup dan restore Website dengan FileZilla
16. Migrasi dari Hosting Gratisan "idhostinger" ke Hosting Berbayar
17. Pergunakan Email Anda yang unlimited account dan unlimited quota itu!
18. Memanfaatkan quota unlimited Hosting sebagai cloud drive

1 komentar: