Selasa, 21 April 2015

(KTSP) Program Pengolahan Nilai Raport SMP Metode 11 Jari & Bisa Mengaji

Ilat Jawa :
"Ngelmu iku, kalakoning kanthi laku, lekase lawan kas, tegese kas nyantosani.
Setya budya pangekese dur angkara"
Ilmu itu, didapat dengan usaha, dipercepat dengan tekad, maksudnya, tekad yang kuat dan membangun.
Tetapkan hati dan disiplin dalam bertindak, akan menghancurkan nafsu jelek

Kosakata baru dalam tulisan ini :
Mengaji - Mengarang biji atau mengarang nilai
Metode 11 Jari - Metode pengetikan yang paling populer dewasa ini, metode yang hanya menggunakan telunjuk jari kiri dan telunjuk jari kanan dalam mengetik keyboard, di mana telunjuk jari kiri selalu pada huruf 'A' dan 'S', dan telunjuk jari kanan yang bertugas menekan tombol lainnya.

Apapun kurikulum yang digunakan, selain perangkat pembelajaran, seorang guru juga diwajibkan membuat perangkat penilaian; kisi-kisi soal, kartu soal, penyebaran soal, analisis ketercapaian mengajar, analisis butir soal, laporan daya pembeda siswa, laporan kompleksitas siswa, laporan intake siswa, dan ledger nilai akhir semester. Itu pada KTSP!. Pada K-13 selain di atas, masih banyak lagi lembaran-lembaran perangkat penilaian, antara lain jurnal, porto folio, unjuk kerja, dll.

Sudah banyak pula bertebaran di internet program-program pengolahan nilai raport, namun aku belum menemukan program pengolahan nilai raport yang dapat 'mengaji'. Aku juga belum menemukan program analisis ketercapaian mengajar, terlebih yang dapat 'mengaji'. Program ini dapat 'mengaji'!

Dengan mengabaikan keterbatasan pengetahuanku, aku juga ikut-ikutan menawarkan Program Pengolahan Nilai Raport (PPNR) pada Anda untuk SMP dan yang masih menerapkan KTSP dan menggunakan metode Penilaian Angka Normatif (PAN).
Program ini aku desain secara simpel, pengoperasiannya mudah, cepat, stabil, dan ringan. Dilengkapi dengan buku manual. Aku yakinkan Anda pasti dapat mengoperasikannya sendiri, siapapun Anda!, bahkan bagi yang awam komputer-pun!. Seperti pada judul ini, program ini diketik menggunakan 'metode 11 jari' dan keseluruhan featurnya dapat 'mengaji' :)
Data file yang aku pergunakan dalam program ini hanya contoh. Untuk dapat menggunakan program ini menggunakan data Anda, ada biaya yang Anda keluarkan melalui Mitra Pemasaran kami. Aku bagi menjadi 2 bagian, yaitu PPNR bagi Guru Mata Pelajaran dan PPNR bagi Guru Wali Kelas.

PPNR Bagi Guru Mata Pelajaran adalah bagian dari PPNR bagi Wali Kelas, sedangkan PPNR bagi Wali Kelas mempunyai menu-menu antara lain sebagai berikut :
1. Pengolahan Nilai Mata Pelajaran
    Ada 13 Mata Pelajaran yang aku masukkan disini, meliputi mapel inti, mapel pilihan, dan mapel mulok.
    Tampilannya sebagai berikut :


2. Pengolahan Ekstra Kurikuler

3. Pengolahan Absensi Siswa

4. Pengolahan Perilaku Siswa

5. Laporan Mid Semester / Raport Sisipan

6. Ledger Siswa. Ada 3 buah model Ledger siswa. Tidak dapat aku tampilkan di sini karena halamannya
    terlalu banyak. Silahkan Anda lihat sendiri pada programnya secara langsung
7. Analisis Ketercapaian Mengajar (Analisis Ulangan Harian)

Catatan :
Setiap kop laporan dapat pula diberikan logo sekolah Anda, dan setiap tanda tangan dapat pula Anda sertakan scan tanda tangan.

DICARI MITRA PEMASARAN
Aku mengundang Anda untuk bergabung dengan aku sebagai Mitra Pemasaran, silahkan Anda pelajari segala sesuatu tentang syarat, hak, dan kuwajiban Anda sebagai Mitra Pemasaran yang terdapat di sini.
Mitra Pemasaran tersebut akan tampil pada Lisensi dan Data Rekomendator seperti berikut :
 
Program pengolahan nilai raport ini telah aku perinci dan langsung dapat Anda download sebagai berikut :
'Database MP.xlsx', form data untuk disuntikkan pada program pengolahan nilai raport guru mapel
'Database SMP.xlsx', form data untuk disuntikkan pada program pengolahan nilai raport wali kelas
'Mapel.xlsm', Program Pengolahan Nilai Raport untuk guru mata pelajaran
'SMP.xlsm', Program Pengolahan Nilai Raport untuk guru Wali Kelas
'Panduan.pdf', berisi buku manual pengoperasian program pengolahan nilai ini, langkah demi langkah
'Lat1.xlsx', file contoh penggabungan nilai dari format berbeda
'SMP.zip', kumpulan file-file 'Database MP.xlsx', 'Database SMP.xlsx', 'Mapel.xlsm', 'SMP.xlsm',
    'Panduan.pdf', dan 'Lat1.xlsx' yang terkompresi

Demikian tulisanku tentang 'Program Pengolahan Nilai Raport SMP Metode 11 Jari & Bisa Mengaji' ini, terimakasih telah berkunjung ke gubuk yang sederhana ini dan meluangkan waktu membaca cerita di sini. Tulisan ini bukan hasil 'copy-paste', bila hasil 'copy-paste' aku akan menampilkan sumber dan bila mungkin link-nya. Meskipun demikian, silahkan Anda menyalin sebagian atau seluruhnya tulisan ini, dengan atau tanpa menyertakan link blog ini. Senang sekali bila tulisan ini Anda anggap bagus, lebih-lebih dapat beranfaat bagi Anda.
Tidak ada tunas yang ingin tumbuh ke samping atau ke bawah, semuanya ingin menjulang tinggi menggapai cakrawala - bercengkerama dengan langit. Namun ingat, tunas yang tinggipun masih butuh pupuk yang kotor, batang yang kaku-kasar, dan rimbunan daun-batang.
Begitupun pengetahuan, tidak ada seorangpun yang ingin pengetahuannya berhenti atau bahkan mundur, setiap orang ingin senantiasa meningkatkan kemampuannya, merasakan kepuasan dengan keberhasilan-keberhasilan. Namun ingat, sepandai apapun manusia, masih membutuhkan orang lain, saling isi-mengisi.
Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan, silahkan menulis kesan, kritik, atau apapun. Selagi dalam batas kemampuanku, akan aku tanggapi.

Salam,...
Wisnu Suharnoko
g+ : wisnusuharnoko@gmail.com
fb : w1155nu@yahoo.co.id
HP: 0838 5313 2787 (AXIS) / 0856 4909 2848 (IM3)

Seri Program Pengolahan Nilai Raport :
KTSP :
SD, MI, SMP, MTs, SMA, dan MA

K-13
SD, MI, SMP, MTs, SMA, dan MA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar