Senin, 26 Mei 2014

Instalasi XAMPP Server Menggunakan Windows7 dan Windows 8

Ilat Jawa :
"Nanging yen sira ngguguru kaki, amiliha manungsa kang nyata, ingkang becik martabate, sarta kang wruh ing chukum, kang ngibadah lan kang wirangi, sokur oleh wong tapa, ingkang wus amungkul, tan mikir pawewehing liyan, iku pantes sira guronana kaki, sartane kawruhana"
(Wulangreh, Pupuh1, Dhandhanggula,04)
Namun jika kamu akan berguru, pilihlah guru yang benar, yang bagus perbuatannya, tahu ilmu yang dibidanginya, toat beribadah dan bijaksana. Lebih baik bila menemui orang yang sudah matang, tanpa berfikir imbalan. Itu pantas kamu menimba ilmu padanya.

Cerita ini adalah kelanjutan dari ceritaku tentang Local Server di sini selanjutnya AppServ di sini dan Wamp Server di sini. Ini adalah sekuel terakhir dari 'Local Server'.
Aku berharap Anda telah download filenya. Pada cerita ini yang aku pergunakan adalah XAMPP 1.8.3-4-VC11 (Bitnami), menggunakan Sistem Operasi Windows 7 Ultimate x86, broser yang aku pergunakan adalah firefox, sedangkan untuk menulis program PHP aku menggunakan Notepad++.

XAMPP SERVER adalah paket web server yang bekerja pada localserver, sama seperti pada cerita yang lalu yaitu AppServ dan Wamp Server. XAMPP Server di instal pada sistem operasi Windows

Cara Install Xampp Server
Untuk memasang Local Server menggunakan Xampp Server, langkah - langkah yang dilakukan adalah :
1. Double klik pada file xampp-win32-1.8.3-4-VC11-installer.exe sampai muncul penampakan dibawah ini, klik [Next] untuk melanjutkan.

2. Pilihlah komponen yang akan di install, dalam kasus ini, semua aku centang. Teruskan dengan klik tombol [Next].

3. Ubahlah alamat tempat instalasi Xampp bila perlu, bila tidak diubah lanjutkan dengan klik [Next]
4. Pada versi 1.8.3 ini, Xampp dilakukan oleh Bitnami, bila Anda ingin tahu lebih jauh tentang Bitnami, centanglah pilihan 'Learn anu, anu, anu XAMPP' (itu pilihan baku, memerlukan sambungan internet). Pada cerita ini centangnya dihilangkan. Lanjutkan dengan klik [Next]
5. Klik [Next]. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.







6. Sebenarnya proses instalasi sudah selesai. Bila Anda akan mengaktifkan XAMPP lewat [Start] - [All Program] - [XAMPP] - [XAMPP Control Panel], namun pada cerita ini, centanglah 'Do you anu, anu, anu Now?' kemudian klik [Finish]

7. Akan muncul jendela control panel XAMPP. Klik [Config], sampai muncul penampakan di no. 8.

8. Isikan isian sebagai berikut :
Editor : C:\Program Files\Notepad++\notepad++.exe (Asumsiku Anda sudah install Notepad++).
Browser : Kosongi bila menggunakan browser default system.
Autostart : Centang  bagian Apche dan MySQL saja. FileZilla, Mercury, dan Tomcat tidak usah dulu.
Apa?, Tomcat? Serangga yang di sawah itu? Bukan! Apache tomcat adalah sebuah open source web server yang di kembangkan oleh Apache Sofware Fondation (ASF). Tomcat mengimplementasikan Java Servlet dan juga Java Server Page (JSP) spesifikasi dari Oracle Corporation, dan menyediakan java HTTP web server yang bisa dijalankan dengan kode java
Pada Kesempatan lain aku akan menceritakan tentang FileZilla, Mercury, dan Tomcat. Oke?. Sekarang duduk manis. Bila semua sudah selesai, klik [Save].
9. Kembali ke XAMPP Control Panel. Nah, sekarang sementara klik [Start] pada Apache dan MySQL.. untuk FileZilla, Mercury, dan Tomcat akan diceritakan lain waktu. Tutuplah Jendela itu.
 
Anda dapat kapan saja mengaktifkan Jendela Control Panel di atas dengan click icon yang berada pada taskbar.

10. Selesai
Program PHP-ku Yang Pertama.
Anda harus memastikan bahwa XAMPP Server sudah secara lokal terpasang pada komputer Anda dengan cara pada browser Anda ketik alamat : localhost (atau 127.0.0.1 bila ingin sulit, keduanya mempunyai akibat yang sama), sampai muncul penampakan seperti berikut.




Pilih bahasa yang dipergunakan, kemudian muncul penampakan seperti berikut :


Setelah muncul tampilan seperti pada penampakan di atas, minimize dulu firefox Anda, masuk ke folder X:\Xampp\htdocs, kemudian jalankan program penulis text, dalam cerita ini aku menggunakan notepad++, bila Anda ingin mendownloadnya Anda dapat mendapatkannya di sini : http://notepad-plus-plus.org/download Sebenarnya menulis script PHP ini dapat pula dengan menggunakan program bawaan windows - notepad, namun bila tampilan ekstensi tidak di aktifkan dan ini adalah aturan baku dari windows, maka secara otomatis file bentukannya mempunyai ekstensi '.txt', jadi bila ingin menulis program PHP, tetap format text file berbentuk 'namafile.php.txt' nah, agar tidak ribet dan bila ingin sama tampilannya dengan cerita disini, silahkan Anda pergunakan Notepad++.

Oke, buatlah file baru dengan nama 'belajar.php', kemudian ketiklah baris-baris berikut apa adanya :

<html>
       <head><title>Contoh PHP</title></head>
      <body>
              <?php
                     echo "Hallo teman, mudah khan memasang Lokal Server?";
              ?>
       </body>
</html>

Penampakan pada Notepad++ seperti berikut :


Setelah file tersimpan pada folder X:\Xampp\htdocs, pada firefox jalankan script tersebut dengan mengetikkan 'localhost\belajar.php', bila benar, penampakannya seperti berikut:



Demikian tulisanku tentang 'Lokal Server Xampp Server', terimakasih telah berkunjung ke gubuk yang sederhana ini dan meluangkan waktu untuk membaca cerita disini, tulisan ini bukan karya 'copy-paste', jika hasil 'copy-paste', aku akan menampilkan sumber dan bila mungkin link-nya. Meskipun begitu, silahkan Anda menyalin sebagian atau seluruhnya tulisan ini. Dengan atau tanpa menyertakan link blog ini. Senang sekali aku bila tulisan ini Anda anggap bagus, lebih-lebih dapat bermanfaat bagi Anda.
Tidak ada tunas yang ingin tumbuh kesamping atau ke bawah, semuanya ingin menjulang tinggi menggapai cakrawala - bercengkerama dengan langit. Namun ingat, tunas yang tinggipun masih butuh pupuk yang kotor, batang yang kaku-kasar dan rimbunan daun-batang.
Begitupun pengetahuan, tidak ada seorangpun yang ingin pengetahuannya berhenti atau bahkan mundur, setiap orang ingin senantiasa meningkatkan pengetahuannya, merasakan kepuasan dengan keberhasilan-keberhasilan. Namun ingat,sepandai apapun manusia, masih membutuhkan orang lain, saling isi-mengisi.

Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan, silahkan menulis kesan, kritik, atau apapun. Selagi dalam batas kemampuanku, akan aku tanggapi.

Salam...
g+ : wisnusuharnoko@gmail.com
fb : w1155nu@yahoo.co.id

Cerita ini berkelanjutan dan aku bagi beberapa seri, yaitu :
SERI CMS BALITBANG
1.   Local Server, Apakah itu? 
2.   Instalasi AppServ Menggunakan Windows 7 dan 8 
3.   Instalasi WampServ Menggunakan Windows 7 dan 8 
4.   Instalasi XAMPP Menggunakan Windows 7 dan 8 (tulisan ini)
5.   Daftar CMS, LMS, LCMS Terlengkap dan Terbaru
6.   Instalasi CMS Balitbang 3.5.2 di lokal server menggunakan XAMPP
7.   Membuat Website menggunakan CMS Balitbang 3.5.2 Full Gratis
8.   Menghilangkan tanda "html" pada CMS Balitbang
9.   Memindah CMS Balitbang dari Lokal Server XAMPP ke Server Online
10. Cara Daftar Domain "sch.id" ke PANDI lewat situs yang ditunjuk
11. Cara Memilih Hosting berbayar yang bagus.
12. Cara Parkir Domain "sch.id" pada Hosting Gratisan "idhostinger"
13. FileZilla, Apakah itu?
14. Backup dan restore Website lewat cPanel15. Backup dan restore Website dengan FileZilla
16. Migrasi dari Hosting Gratisan "idhostinger" ke Hosting Berbayar
17. Pergunakan Email Anda yang unlimited account dan unlimited quota itu!
18. Memanfaatkan quota unlimited Hosting sebagai cloud drive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar